arai16

Selalau Menjadi Sumber Inspirasi Bagi Orang Lain

Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Berangkat Kerja

pada April 3, 2012
img

Jakarta, Selama hari kerja, terkadang sulit menyisakan waktu untuk berolahraga. Waktu yang dihabiskan untuk berangkat dan pulang kerja, ditambah dengan tugas pekerjaan terkadang membuat orang sulit melatih otot dan tubuh untuk sekedar melakukan olahraga ringan. Untuk menyiasatinya, sempatkan waktu saat berangkat kerja sambil melakukan olahraga sederhana.

Seperti dilansir symptomfind.com, Selasa (3/4/2012), berikut adalah 5 olahraga kreatif yang bisa dilakukan selama melakukan perjalanan ke tempat kerja.

1. Memutar tubuh ke samping

Latihan ini bisa dilakukan di tempat duduk saat berkendara di atas mobil di kursi penumpang. Latihan ini berfokus untuk membantu mengencangkan otot perut selama perjalanan ke kantor.

Caranya:
Duduk tegak dan mulai kencangkan daerah perut sekaligus posisikan kedua kaki menjejak tanah dan menghadap ke depan. Putar tubuh bagian atas sedikit ke kiri dan kemudian sedikit ke kanan. Lakukan gerakan ini selambat mungkin sambil terus menghadap ke depan.

Latihan ini dapat dilakukan secara berulang-ulang atau diberi rentang waktu. Yang penting adalah memastikan otot perut berkontraksi selama latihan. Gerakan ini mungkin tidak cukup membentuk otot perut hingga sempurna, tetapi cukup membantu mempertahankan bentuk dan kekencangan otot perut.

2. Latihan meremas genggaman

Latihan ini hanya memerlukan sedikit gerakan dan digunakan untuk memperkuat lengan serta pegangan. Benda yang dibutuhkan untuk latihan ini adalah alat bantu gengaman tangan yang bisa didapat di toko olahraga. Biasanya alat ini memiliki berbagai pilihan gaya dan ketegangan, tergantung pada kekuatan individu.

Remas alat dengan tangan kanan secara berulang-ulang kemudian ganti dengan tangan kiri. Pastikan untuk mengingat berapa banyak remasan yang telah dilakukan pada masing-masing tangan. Latihan ini sangat mudah dilakukan di dalam mobil dan dapat membantu menghilangkan stres.

3. Latihan mengangkat betis

Latihan ini dapat dilakukan saat pemberhentian lampu merah atau duduk di kursi kantor. Latihan ini cukup mudah dilakukan serta bagus untuk memperkuat kaki saat duduk.

Mulailah dengan meletakkan kedua kaki di atas lantai sambil duduk tegak. Angkat betis secara perlahan sambil mengencangkan otot betis. Turunkan dan ulangi lagi beberapa kali.

Latihan ini dapat dilakukan dengan ditambahi rentang waktu, baik panjang atau pendek. Latihan ini juga dapat ditambah menjadi latihan mengangkat betis dan menahannya selama minimal 30 detik.

4. Latihan otot bisep

Melatih otot lengan sulit dilakukan di dalam mobil karena ruang yang dibutuhkan untuk latihan ini cukup banyak. Tapi dengan melakukan sedikit modifikasi, latihan bisep dapat dilakukan di dalam mobil. Latihan bisep ini hanya memerlukan pemberat 2,25 kg atau 4,5 kg.

Mulai lakukan dengan tempatkan pemberat pada salah satu tangan dan lengan terlipat. Pastikan posisi siku tetap diam dan gerakkan pemberat ke depan sampai ke bawah dan lengan berada dalam posisi vertikal. Tahan posisi vertikal setidaknya setidaknya selama 1 detik, kemudian perlahan-lahan turunkan pemberat.

Latihan ini bisa dilakukan selama 10 kali untuk setiap lengan. Jangkauan gerak bisa disesuaikan dengan ukuran mobil

5. Bersepeda atau berjalan ke tempat kerja

Berjalan sejauh 8 km memakan waktu sekitar 30 menit bersepeda, dan manfaatnya sama seperti melakukan latihan aerobik selama 1 jam. Berjalan selama 30 menit sudah cukup untuk memenuhi jumlah yang danjurkan per hari.

Orang yang tidak berjalan kaki atau bersepeda untuk berangkat ke tempat kerja juga dapat mencoba melakukan latihan ringan selama istirahat makan siang. Berjalan cepat selama jam istirahat makan siang dapat bermanfaat dan membantu membakar kalori.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: